Kamis, 10 November 2011

Double hit Counter (in Madura)

Fiuh.... yah.yah.. tulisan kali ini mungkin akan gue buat dengan gaya tulisan yang santai, soalnya untuk nulis kisah yang satu ini.. yah mesti dalam kondisi yang sesantai-santainya, ggrr,. Ngingetnya aja mesti nyantai, kalau gak, cuuapek nya terasa lagi.. Y_Y.

Sedikit berbagi pengalaman ke pembaca, supaya gak di try at home gitu lah. Hari ini gue mesti balik ke pamekasan lagi, karena ada tugas dadakan kesana, seketika gue teringat kejadian unik/apes/cobaan atau apalah itu.

Ini terjadi di pamekasan beberapa minggu yang lalu, gue yang berstatus turis domestik ini :p mendadak terserang lapeerrr pada siang hari itu. Dan kebetulan di saku masih nyimpen banyak uang (akomodasi :p).so, i must eat something before i eat someone....


Jadilah gue berbenah muka dan sebagainya guna terlihat menarik, yah kali aja ketemu siapa gitu dijalan..(ngarepnya sih gitu). gue ganti celana kain dengan bluejeans, and than... here i am, i am ready now. Tanpa rasa ragu gue meninggalkan rumah yang menjadi tempat tinggal sementara itu untuk pergi mencari makanan. Baru berjalan beberapa meter gue melihat tukang becak yang sedang kesulitan mengangkat kayu ke atas becaknya, karena terlahir dengan wajah dan hati yang lembut,,,cuussss, seketika itu gue hampiri bapak itu untuk ditolongin.

“Sini biar saya bantu pak...” tegur saya.
“#%$###%#!!*$”.. balas bapak itu... (sumpeh gue gk ngerti bahasanya).

Bapak yang sudah terlihat sepuh itu terus berbicara dalam bahasa madura, lah gue..... tuing-tuing..Cuma bisa angguk-angguk kepala aja, saat itu gue hanya bisa mengerti kalau dia menyuruhku untuk naik ke atas becak beserta kayu yang gede tadi lewat gerakan tangannya. Yah gue naik lah, wong niatnya mau bantu. Setelah naik,..jrekk, diengkol tuh sepeda sama si bapak tadi. Sepanjang jalan dia ngomooongggg trusss, padahal gue dah bilang kalau gk bisa ngomong madura, tapi tetep aja dianya ngerocos truss. Perasaanku semakin tidak nyaman karena ternyata dia membawaku jauh sekali. Masuk ke gang-gang sempit, truss lewat sawah yang luas, waduhh. Mungkin sekitar 35 menit gue duduk manis bersama kayu di atas becak, celakanya lagi ini khayalan di kepala gak bisa terkontrol, malah teringat film semalem yang mengisahkan penculikan remaja, trus di...(sensor)... gila bener, imajinasi memang liar.

Akhirnya berhenti juga nih becak, yah .. rasa leganya sama seperti baru tiba dari perjalanan Bandung-Malang naik Bus ekonomi....rupanya bapak tadi suruhan dari toko bangunan, disuruh ngambil kayu gede banget tiap harinya, haduuh, saya jadi kasian dan menyesal sempat ngirain saya diculik ma dia. Sambil mikirin penyesalan tadi, gue berdiri manis di deket becaknya, nungguin bapak tadi untuk balik lagi ke tempat dimana saya bertemu bapak tadi. Dari radius beberapa meter bapak tukang becak tadi mendekat sambil ngomong menggunakan bahasa daerah ke saya. Haduuh, dah saya bilang gak ngerti..!!!!!. yah lagi-lagi Cuma bisa tuing-tuing alias ngangguk aja.

Bapak itu trus naik ke becak, baru saja kaki kanan saya melangkah mau naik ke becak....Jrekkk, bapaknya langsung mengayuh dan tersenyum kepadaku, lalu ngomong bahasa Indonesia untuk pertama kalinya “TERIMA KASIH YAH”... saya jawab “IYA PAK..!!!”...sambil menjauh dengan becaknya... sontak keheningan pun teripta.....Whussss.

Gile benerrrrr... gue ditinggal sendiri di depan toko bangunan.. whusss.. suara angin berdesir, terik panas matahari menyengat kepala, ditambah lagi gaya gue berpakaian yang paling aneh se kampoenk itu, jadilah semua melirik ke arah saya. Y_Y.

Trus mas yang kerja di toko tadi dateng nanyain gue “mau kemana mas??”. Yah langsung aja saya jawab “warung nasi yang deket sini dimana mas”.. so, dapetlah saya petunjuk untuk menemukan restoran terdekat. Bener-bener suasananya santri banget nih kota. Semuanya bersarung, Cuma gue sendiri yang pakai bluejeans.
Lega- banget akhirnya sampai di warung nasi. Ayam kecap + sayur asem langsung gue pesen, siikkkaatttt. Durasi gue makan cepeet banget, bahkan lebih cepet jika dibandingin durasi lagu-lagu di film India. Beberapa menit saya duduk seraya menurunkan nasi ke peristirahatan terakhirnya, saya menegur sapa remaja santri yang sedang duduk. They are so friendly, amazing, one of them can speak English too. Jadilah saya koar-koar dalam bahasa asing. Gak terasa percakapannya sampai disambut dengan adzan Ashar, so, gue diajakin barengan ke masjid.

Tangan langsung ngerogoh saku celana untuk bayar makanan tadi, pertama di saku kanan, lalu saku kiri, berikutnya saku belakang, dan keheninganpun terjadi lagi.....whuussss....

AAArrrgghhh.... uangku tertinggal di saku celana yang satunya lagi.. Y_Y. Rasanya seperti double hit counter memukul jiwa ini. Hampir saja kata-kata kebun binatang keluar dari dalam hati, untunglah gue bisa menahan diri. Sabar...sabar... dengan senyum manis khas Kalimantan Barat saya menceritakan keadaan saku celana saya ke pada remaja santri tadi. Alhamdulillah they helped me.. ^_^. So, dimanapun anda berada, bersikaplah ramah ke semua orang karena mungkin saja anda meninggalkan sesuatu yang berharga di saku celana yang berbeda. ~_~. Setelah shalat, ternyata ada yang mau nganterin saya, karena kebetulan ada yang mau ke arah alun-alun kota.

Nebeng deh....jreng-jreng.. naik motor trus kena angin sepoy-sepoy tanpa ada kayu gede menemani terasa nikmat banget. Siang sampai sore ini serasa panjang sekali... banyak hikmah yang bisa gue dapet, salah satunya adalah English is not really important for surviving.. :p. The important thing is how we adapt and respond calmly every problem. So, the truly your self will guide you for solving the problem.. ^_^.. @_@..~_~

3 komentar:

  1. hem, mkc atas tukar pengalamanx, alhamd da hikmah yg dpat ana ambil....

    BalasHapus
  2. hehehe lucu..pernah punya pengalaman yang sama..waktu nemenin belanja staf koki di Hotel Mesir daerah Ampel Surabaya...blass nga ngerti apapun yang diucapkan oleh ibu dan orang2 di pasar..

    jadi ingat itu baca tulisan ini..

    BalasHapus
  3. hahhhaaha....
    sangar kakk...

    qiqiiqiq

    BalasHapus